Konon, pada zaman dahulu ada kalangan shahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang sedang mendakwahkan Islam di sebuah negeri yang penghuninya adalah manusia-manusia telanjang (al-uryan, bhs arab, -red).

Maka kemudian mereka menamai daerah tersebut dengan Uryan (orang yang telanjang), dan nama itu kemudian menjadi seperti pengucapan biasa yang kemudian diucapkan dengan Irian.

Adapun kebenarannya, Wallahu a’lam, karena tidak ada penjelasan mengenai hal ini, hanya jika penamaan Irian dikaitkan dengan Uryan (orang yang  telanjang) memang agak masuk diakal, karena sebagaimana kita ketahui kebiasaan (adat) mereka dahulu adalah telanjang, hanya memakai penutup kemaluan bawah saja, untuk laki-laki dan perempuannya, bahkan sebagian suku sampai saat ini kita ketahui masih bertahan dengan adat ini.

Ada juga kabar berita bahwa pada zaman dahulu, kebanyakan orang Irian dan kebanyakan orang Indonesia Timur (Papua, Timor, Maluku dan sekitarnya) mereka mayoritas adalah beragama Islam, setelah sebelumnya mereka tidak beragama (atheis), namun dikarenakan gencarnya Kristenisasi yang dimulai sejak zaman penjajahan sampai sekarang, sepertinya mereka berhasil mengkristenkan sebagian dari mereka, karena cara mereka yang menghalalkan segala cara, semua cara mereka usahakan termasuk mengikuti adat mereka, bahkan agama mereka (nashrani) pun mereka adaptasikan dalam adat mereka, dan itu adalah kebiasaan mereka sejak zaman dahulu, bahkan itu sudah diramalkan oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa “…Orang Nashrani mereka beramal tapi tanpa ilmu”. Dalam artian mereka berdakwah tanpa adanya ilmu jadi walaupun harus mengikuti adat mereka asalkan target mereka tercapai yaitu membuat mereka beragama Kristen (dengan kebodohan mereka) itupun mereka lakukan, Na’udzubillah min dzalik.

Demikianlah sedikit kisah mengenai Irian dan perkembangan dakwah di sana, adapun kebenarannya kita serahkan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Wallahu a’lam. Tapi, insya Allah berita ini akan kami update jika kami memperoleh sumber lainnya yang lebih shahih, atau kabar buruknya artikel ini akan kami hapus jika memang termasuk kabar dusta yang menyesatkan. (heane)

Bekasi 06 februari 2011 untuk https://myheane.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s