Pernah nemuin yang beginian, maksudnya mereka OB (Office Boy) yang main fesbukan?

Ini nyata bukan main-main..

Tentang OB sekolah islam di daerah bogor (gak usah sebutin nama ya…) kalau kalian memang ada yang tahu yang ku maksud, ya udah, jadikan ibrah (pelajaran) aja, terus nasihatin ni penulisnya biar tahu bagaimana sebaiknya harus bersikap mengenai fenomena ini.

Asalnya mereka OB itu tak tahu menahu tentang Facebook, orang internet aja mereka bingung, nah, kenapa mereka bisa fesbukan, tentu karena dibuatin akun fb oleh orang lain.

Jujur, bagi gak ada masalah dengan mereka yang fesbukan, cuma sayang kasihan, mereka bila kecanduan, pengen dan pengen lagi membuka facebook mereka, kalau udah gini gimana?
Padahal sebelumnya hape mereka baik-baik saja, dalam arti pulsa habis hanya untuk keperluan yang wajar seperti telpon atau sms-an, sekarang mereka harus mengorbankan sekian rupiah untuk ber-facebook ria.

Di satu sisi, kehidupan mereka masih ngontrak, motor masih kredit (itu yang saya jumpai pada mereka) apakah masih harus dituntut untuk ber-facebook juga tentunya dengan memakai hape (pulsa), bukan dengan komputer sekolah yang ada hotspotnya, karena mereka gak ada hak untuk memakainya, sekali lagi kasihan.

Beberapa kali ketemu mereka (di list friend saya ada akun fb mereka) yang mereka tanyakan adalah bagaimana cara konek, pake download apa buat hape saya, buka facebook gimana, dan pertanyaan yang tentunya gak penting sebenarnya bagi mereka.

Lebih parah lagi ada satu OB bahkan dibikinin fans page, mungkin beberapa di antara teman-teman saya ada yang jadi fans-nya, saya dulu salah satu adminnya, tapi sekarang tidak, ah, gak ada manfaatnya, maunya mereka kan have fun aja, tapi menurut saya tidak harus memakai nama orang lain, kalau memang have fun pake aja akun sendiri, iya kan?

Sekali waktu juga pernah salah satu dari mereka yang telah dibuatin akun fb itu datang kepada saya, “Pak ini gimana caranya bisa koneksi internet? Apa perlu saya ganti hape yang lebih bagus?”

Hah, ganti hape? sebenarnya bagi mereka hape itu sudah cukup, bahkan menurut saya hapenya bahkan lebih bagus dari yang saya punya. Duh, sampai segitunya mereka gara-gara dibikinin akun fesbuk oleh orang yang ternyata setelahnya tak bertanggung jawab dengan konsekuensi seperti ini.

Maunya mereka ingin mengenalkan internet pada mereka, biar gak gaptek, biar gak ketinggalan jaman.
Duhai, apakah harus dengan cara seperti ini?
Apakah harus mengorbankan penghasilan mereka untuk beli pulsa dan beli pulsa lagi?
Kehidupan mereka bagaimana, kenapa masih harus disibukkan dengan hal-hal seperti itu?

Just share. Jika ada yang tersinggung saya mohon maaf, saya tulis ini karena kepedulian saya terhadap mereka, tanpa menafikan saya harus memberi pengajaran kepada mereka juga tentang internet dan teknologi, tapi saya rasa caranya tidak harus demikian kan?

2 responses »

  1. dafit mengatakan:

    ide bagus , saya saja sangat perihatin dengan teman saya ,
    yang sekrang kecnduan fb, bahkan dia juga , menghabis kan uang ke warnt demi main fb,,,,dia kerja menjdi ob,
    itu lah ,,akibat main fb,,tman sya pun ,,sekrang menjdi operator kantor saya,

  2. […] Penting gak sih OB dibikinin akun Facebook? […]

Tinggalkan Balasan

