Tak terasa waktu cepat sekali berlalu, seakan barakah waktu berlalu begitu saja, hari ke hari berganti dan hari ini sudah hari jumat lagi, berarti ada kewajiban untukku khususnya dan semua laki-laki muslim pada umumnya untuk menjalankan shalat jumat di masjid-masjid yang mengadakannya.

Seperti biasa, hari ini aku sengaja jumatan di masjid yang sekiranya banyak jamaah berkumpul di sana, agar selain mengikuti Sunnah Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan terjalin silaturrahim dengan banyak kaum Muslimin.

Maka berangkatlah aku ke Masjid Islamic Centre Bekasi, benar saja, aku datang sudah hampir masuk waktu, Alhamdulillah khatib belum naik mimbar. Tak lama setelah aku memasuki masjid dan duduk setelah shalat sunnah, khatib pun naik mimbar dan dimulailah khutbahnya, Innal hamdalillah, nahmaduhu, wa nasta’inuhu, wa nastaghfiruh… dan seterusnya, dan kulihat sekitarku begitu banyak jamaah yang ada, tapi… kenapa sebagiannya malah ngantuk ya? Ada yang tertidur, ada yang terkantuk-kantuk, ah kenapa mata ini juga seakan ingin terpejam, ada apa ini?

Mulailah ketelusuri sebab-sebab mengantuk ketika khutbahnya khatib ini, mulai dari diriku sendiri yang kadang juga mengalaminya, padahal saat itu, aku sadar sepenuhnya orang yang berkhotbah adalah orang yang semua telah mengakui keilmuannya, beliau ini khutbah tak pernah membawa teks, tapi khutbahnya lancar, dan selalu disertai dalil-dalil Al Qur’an dan Hadits-hadits yang shahih, Masya Allah… tapi kenapa masih ngantuk juga? Itu yang selalu hadir dalam benakku.

Sebab-sebab mengantuk ketika mendengarkan khutbah jum’at

1. Tidak ada konsentrasi terhadap materi khutbah yang disampaikan.

Meskipun materi sebagus apapun yang disampaikan khatib, tetap saja seseorang akan mungkin mengantuk karena tidak ada konsentrasi dalam menerima ilmu, ini tidak hanya terjadi ketika di dalam mimbar jumat tapi juga mungkin terjadi di majlis lainnya, seperti di sekolah/kuliah, rapat/pertemuan, maupun taklim.

2. Khatib kurang bersemangat dalam menyampaikan, meskipun materinya bagus dan berbobot.

Padahal disunnahkan dalam berkhotbah, khatib adalah harus dengan bersemangat, meski tidak harus berteriak lantang tapi bagaimana ia menggugah para jamaah agar selalu ingin tahu apa yang disampaikan olehnya dalam khutbahnya. Ada kalanya materi yang disampaikannya adalah materi biasa-biasa saja, tapi ketika ia bisa menyampaikannya dengan bersemangat maka kemungkinan para jamaah mengantuk akan berkurang.

3. Materi yang disampaikan khatib kurang berbobot.

Ini juga salah satu sebab sebagaimana telah saya tulis di atas.

4. Kurang tidur pada malam sebelumnya.

Hal ini sangat mungkin terjadi karena ketika pada malam sebelumnya tidak tidur dan sebelum jumatan pun belum tidur, maka kemungkinan untuk tidur pada orang itu akan semakin besar, apalagi jika disertai dengan khatib yang menyampaikan seperti pada sebab-sebab di atas. Dan akan diperjelas pada penjelasan selanjutnya.

Sebab-sebab mengantuk dari tinjauan medis (Ahli Kesehatan)

Kemudian dari sisi medis tentang sebab-sebab mengantuk, antara lain

1. Adanya tekanan untuk tidur (Adenosine)

Makin lama manusia atau binatang terjaga, makin besar rasa kantuk. Hal ini disebut tekanan untuk tidur. Penelitian mendapati adenosine sebagai pemicu tekanan untuk tidur.

Bahan kimia ini terkumpul selama jam terjaga, yang membantu menstimulasi pola unik di aktivitas otak yang terjadi selama tidur.

“Adenosine dari astrocyte jelas penting dalam menyebabkan tekanan tidur”, kata anggota tim Michael Halassa dari Tufts University School of Medicine di Boston.

Penelitian ini merupakan pertama kali sel non syaraf di otak menunjukkan pengaruh, kata Halassa. Beda dengan neuron, astrocyte tidak memicu tekanan elektrik.

“Penelitian ini dapat untuk memproduksi obat yang lebih baik untuk mendorong rasa mengantuk jika dibutuhkan dan mencegah rasa kantuk jika berbahaya”, kata Merrill Mitler dari National Institute of Neurological Disorders and Stroke.

2. Adanya penyakit dalam tubuh.

Mengantuk adalah sifat alamiah manusia dan binatang. Tubuh manusia memerlukan istirahat tidur untuk memulihkan kondisinya.
Namun demikian, ngantuk yang terlalu sering (meski cukup tidur), seperti ngantuk waktu beraktifitas, maka kemungkinan terdapat kelainan dalam tubuh kita, antara lain karena gejala penyakit gula (diabetes). Namun penyakit ini juga diikuti sering merasa lapar dan haus.
Bila tubuh anda tidak terserang diabetes, maka bila sering kantuk karena kurang gerak atau aktifitas lain yang menarik. Memang obat kantuk ya tidur, kalau dipaksa melek memang jadi puyeng.

3. Kurang beristirahat

Secara fisiologis tubuh kita mempunyai alarm yang dapat mengingatkan bahwa tubuh memerlukan istirahat yang cukup. Apabila tubuh perlu istirahat maka akan memberikan kode dalam bentuk rasa kantuk (mengantuk). Apabila dengan kode mengantuk kemudian kita beristirahat (dengan mencoba tidur), maka setelah bangun tubuh akan terasa segar. Sebab pada saat tidur tubuh akan memanfaatkan zat kelelahan (asam laktat) untuk diolah kembali di dalam hati sebagai cadangan tenaga.

Proses pengolahan kembali zat kelelahan (asam laktat) menjadi cadangan tenaga di dalam hati umumnya terjadi di malam hari antara jam 24.00 sampai dengan jam 02.00. Oleh sebab itu, seyogyanya kita memberikan kesempatan kepada tubuh agar beristirahat terutama pada saat waktu tersebut.

4. Otak kurang oksigen

Mengantuk juga dapat menunjukkan bahwa otak sedang kekurangan oksigen. Oksigen dibutuhkan oleh sel-sel otak untuk melakukan aktifitas rutin sehari-hari. Apabila oksigen yang beredar di darah kurang mencukupi kebutuhan metabolisme dasar, maka otakpun akan kekurangan oksigen. Gejala yang ditunjukkan adalah mengantuk.

5. Kurangnya kadar gula dalam darah

Kadar gula di dalam darah secara normal adalah di atas 80 mg/dl. kekurangan gula di dalam darah bila kadarnya kurang dari 80 mg/dl maka akan menimbulkan gejala mengantuk. Sebab untuk melakukan aktivitas secara normal, maka otak hanya mengandalkan pengiriman gula dari aliran darah. Otak tidak mempunyai kemampuan untuk menyimpan gula sebagai cadangan energy. Akibatnya, apabila kadar gula darah turun di bawah 80 mg/dl, maka tubuh akan memberikan sinyal berupa rasa mengantuk.

6. Kelainan pada mata (myopia/mata minus)

Selanjutnya lensa mata yang mengalami myopia (mata minus), apabila tidak dikoreksi sesuai kebutuhan mata, maka akan menyebabkan mata mudah lelah dan memudahkan mengantuk saat kita sedang membaca.

7. Kekurangan zat besi

Kekurangan zat besi di dalam konsumsi makanan kita akan menyebabkan gangguan pembentukan sel darah merah (eritrosit, hemoglobin). Akibatnya tubuh mengalami anemia. Salah satu fungsi hemoglobin adalah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Apabila alat pengangkutnya kurang maka oksigen yang beredar termasuk yang ke otak akan berkurang. Dengan demikian kekurangan zat besi akan menyebabkan mudah mengantuk.

8. Kekurangan biotin

Kekurangan Biotin juga dapat menyebabkan mengantuk. Biotin adalah vitamin B yang diperlukan untuk metabolisme lemak dan karbohidrat.

Biotin ditemukan dalam berbagai makanan dan sumber yang mengandung banyak biotin adalah hati, ginjal, pankreas, telur, susu, ikan dan kacang-kacangan.

9. Kekurangan vitamin

Kekurangan vitamin ini sangat tidak mungkin terjadi pada orang-orang yang asupan makanannya seimbang. Tetapi mengkonsumsi telur mentah selama beberapa minggu dapat menyebabkan kekurangan biotin karena telur mentah mengandung suatu bahan yang mengikat biotin dalam tubuh sehingga mencegah penyerapannya.

Kekurangan vitamin ini dapat terjadi pada orang-orang yang menerima pemberian makanan secara intravena (infus) dalam waktu yang lama tanpa biotin tambahan.

Ternyata, banyak juga ya sebab-sebab kenapa kita mudah mengantuk, ada bermacam-macam, pada akhirnya, kita bisa menganalisa diri kita sendiri kenapa kita mudah sekali mengantuk saat mendengarkan khutbah, saat di pengajian, saat di sekolah atau kuliah, saat rapat atau pertemuan penting, dan lain sebagainya. Walaupun sudah makan makanan yang bergizi dan berolah raga secara teratur, bisa saja mudah mengantuk, kalau salah satu kemungkinan penyebab mengantuk di atas belum dikoreksi dengan baik.

By: heane, dari berbagai sumber.

About these ads

»

  1. Info dahsyat mengatakan:

    hehehe….pengalaman pribadi juga ya? Bukannya ilmu yang didapat eh malah ngatuk yg datang :D
    Tapi memang begitu, kebanyakan pak khatib tidak ikut sunnah dalam berkhotbah. Suaranya datar bahkan lebay, panjang bukannya padat singkat & berisi, baca buku /teks bukannya langsung, apalagi yang baca buku khusus khotbah jumat, wah mirip pidato pejabat zaman orba hehehehe……… Akibat sunnah ditinggalkan, pulang jumatan umat tiada kesan terhadap isi khutbah, tak mampu amalkan isi wasiat khutbah dan seperti kata antum…..ngantuk!

    Astaghfirullah…..ana hanya bisa ngomong dan mengkritik padahal kekurangan diri sangat banyak.
    Mari tingkatkan iman dan ilmu, semangat! :)

  2. heane mengatakan:

    iya nih, pengalaman pribadi.. pak khotibnya gak semangat pak nyampein khutbahnya, lagipula materinya ngambang..
    Terimakasih kunjungannya, sukses buat Anda.

  3. hasan bisri mengatakan:

    saya ada punya pengalaman pribadi.. perasaan mengantuk berlibih datang setiap jam 9. pagi. padahal lagi sibuk2nya kerja.. maklum tukang ketik. tenaga berasa loyo seolah tidak sanggup duduk tegak. saya minum obat anti mengantuk, hasilnya memang mata melotot terus kerjapun bersemangat. setelah meminum itu obat kira2 2 bulan, aku kena sakit pinggang.. langsung aku setop itu minum obat. namun sekarang saya sudah menemukan obat mujarab dan alhamdulillah aku lebih sehat setelah menemukan cara baru itu meskipun berasa berat melakukannya pada awalnya.. pengobatan anti ngantuk apa itu : dengan rutin mengamalkan sunnah rasul sholat tahajjud di sepertiga malam dan ditutup dengan witir. kedengarannya aneh ya.. orang suka mengantuk di pagi hari malah diobatin dengan aktifitas malam hari (mengurangi tidur malam). tapi itu terjadi pada diri saya.

  4. kursus komputer mengatakan:

    heehehehe,
    mantab juga nih,thanks infonya ya..:)

  5. tonygraf mengatakan:

    Great goods from you, man. I’ve remember your stuff previous to and you are just extremely magnificent. I actually like what you’ve bought right here, really like what you’re stating and the way by which you assert it. You are making it entertaining and you continue to take care of to keep it smart. I cant wait to learn far more from you. That is actually a terrific site.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s