Apa jadinya ketika kita ada teman, tapi tidak ada yang mengajak bicara, apa jadinya ketika hidup terasa hanya sendirian…

Sebenarnya ini adalah cerita lama yang bahkan aku sendiri lupa darimana aku mendapatkannya, tapi kisah ini teringat kembali ketika aku melihat anak kecil yang berusia sekitar tiga tahunan tapi bicaranya sudah sangat lancar, karena di tempat lain kutemui juga anak seusia itu ada yang masih sulit untuk berbicara, apalagi bercerita runtut apa yang dia lihat.

Kisah ini tentang bayi yang meninggal misterius dan tiba-tiba padahal makanan, minuman, dan kebutuhan lainnya selalu terpenuhi, hanya satu yang dia tidak mendapatkannya, Komunikasi.

Dikisahkan bahwa ada seorang peneliti ingin mengetahui pentingnya komunikasi pada manusia, maka ia pun kemudian bereksperimen dengan cara seorang bayi yang baru lahir, ia bawa ke sebuah tempat yang sunyi, tanpa ada suara, semua kebutuhannya dipenuhi, dari susu, dan juga dibersihkan setiap kali ia pup atau pipis, tapi tidak pernah sekalipun ia diajak bicara walau satu kata.

Begitulah terjadi setiap hari, tidak pernah ada komunikasi dengan bayi itu, sampai akhirnya bayi itu meninggal dengan misterius, tanpa diketahui sebabnya.

Hikmah apa dari kisah tersebut?

Berbeda halnya dengan bayi yang selalu diajak bicara walaupun cuma sekedar kata “aaa…” atau apapun itu, tapi tetap akan merangsang anak untuk berbicara dan yang terpenting adalah tidak adanya tekanan pada bayi.

Jadi, komunikasi itu penting, walaupun itu seorang bayi yang belum bisa berbuat apa-apa, tapi tetaplah ia butuh akan komunikasi, pembicaraan, sebab tidak bisa kita hidup dengan orang lain tetapi kita saling diam, tidak ada pembicaraan sama sekali.

Just share, Sayangnya, saya lupa sumber berita tersebut, kalau tidak salah sumbernya dari portal berita, seperti detik.com atau yang semisalnya. Search aja jika mau, dan koreksi artikel ini jika ada kesalahan.

By: heane di suasana pagi yang cerah ditemani suara berisik anak-anak yang bermain di luar rumah.

One response »

  1. david mengatakan:

    komunikasi ortu sm anak emang suangat puentiiing banget😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s