Pengalaman saya selama menggunakan internet dengan jaringan 3G ketika muncul jaringan 3G justru internet saat itu juga sangat lambat, bahkan sering error, kemudian saya cari jaringan tersebut, terkadang muncul tulisan “Tidak ada jaringan”. Dan setelah saya ganti menjadi jaringan GPRS justru koneksi lancar dan bisa dibilang lebih cepat.

Saya tidak tahu mengapa seperti ini, sampai muncul pertanyaan di benak saya,

“Adakah jaringan 3G di Indonesia?”

Adakah teman yang punya pertanyaan serupa?

Ok, kalaupun kita jawab ada, memang ada, hanya saja masih lambat dan perlu diperbaiki jaringan 3G yang ada, karena telah terbukti secara signifikan bahwa pengguna internet di Indonesia meningkat tajam, terlebih yang menggunakan ponsel/mobile phone. Bahkan Google mengatakan delapan dari sepuluh pengakses internet di Indonesia mayoritas menggunakan ponsel.

Baca lebih jelasnya di sini.

Sebenarnya saya tidak boleh mengeluh, apapun keadaannya, toh, siapa juga dulu milih paket paling murah dari beberapa paket  yang ditawarkan, alasan saya waktu itu, paket yang saya pilih inipun tetap unlimited, seberapapun dipakai, biayanya flat, dan kecepatannya lumayan cepet, kadang setara dengan speedy pada ‘beberapa’ kesempatan hehe.. masih ada tanda kutip ‘beberapa’ karena kenyataannya lebih banyak lemotnya daripada cepetnya.

Sekali lagi tidak boleh mengeluh, walaupun untuk buka email saja sulitnya minta ampun, apalagi buka kaskus, hus, jangan tanya seberapa cepatnya, gak sampai-sampai, selebihnya gagal…:-D

Begitulah, bahkan teman saya menyangkal kalau ada jaringan 3G di Indonesia, katanya, kalau ada jaringan 3G kenapa pemakaian masih dibatasi kuota, lantas, siapa yang makai sisa kuota kita, sebagai contoh, kartu yang saya pakai, kuota maksimal per bulan adalah 2 GB, dengan alasan pemakaian 2 GB itu adalah pemakaian normal pengguna internet di Indonesia, konsekwensinya, jika pemakaian kita melebihi kuota, maka kecepatan aksesnya akan dikurangi sampai dengan 64 kBps, wow… namun pada kenyataanya, pemakaian belum sampai 1,5 Gb pun sudah mulai lemot, belum lagi sekarang ini kalau muncul jaringan 3G malah koneksi error, entahlah apa sebabnya.

Bei de wei, tetap saja tidak boleh mengeluhkan ini, karena sudah konsekwensi, kalau mau lebih cepat, gunakan yang lebih mahal, harus puas dengan apa yang ada, bukan begitu? Hmmm…

by: heane

Tinggalkan Balasan

