Ingatlah bahwa buah pun tidak akan muncul sesaat setelah pohonnya kita tanam. Begitu juga dengan usaha yang kita lakukan untuk mencapai keberhasilan atau sukses, tidak akan dapat kita raih kesuksesan itu sesaat setelah kita mempelajari sesuatu, semua butuh proses semua butuh waktu untuk mewujudkannya.

Sekiranya buah itu muncul sesaat setelah pohon kita tanam niscaya itu hanyalah khayalan semata.

Maka jika memang ada kegagalan dalam usaha kita selayaknyalah bagi kita untuk kembali berusaha dan terus berusaha karena bisa jadi kegagalan yang kita alami adalah sebagai ujian dalam meraih kesuksesan kita.
Sebagaimana buah pun tidak akan menjadi buah begitu saja, ada tahapan-tahapan untuk menjadi buah, mulai dari bunga dan akhirnya menjadi buah, begitu pula tidak jarang untuk menjadi buah juga membutuhkan bantuan pihak lain.

Ada yang melalui bantuan lebah/tawon untuk pembuahannya sebagai sebab agar menjadi buah. Ada yang membutuhkan angina yang bertiup untuk pembuahannya. Begitupun kita, tetap membutuhkan orang/pihak lain untuk mewujudkan keinginan kita, tidak bisa kita berjalan, berusaha sendirian dalam setiap hal yang kita hadapi, meskipun tanpa menafikan bahwa pada beberapa hal kita mampu melakukannya sendiri, namun selebihnya adalah kita tetap butuh adanya orang lain yang akan membantu kita entah itu membantu secara langsung maupun tidak langsung.

Ketika kita ditimpa kegagalan, itu bukanlah akhir dari usaha yang telah kita lakukan karena bisa jadi dengan adanya kegagalan itu, akan menjadikan kita menjadi lebih tegar dalam menghadapi sebab-sebab kegagalan yang telah berlalu.

Bukankah ketika kita terjatuh kita tidak kemudian berjalan merangkak?

Tapi yang kita lakukan adalah bangun dan berjalan kembali menghindari lubang yang sama yang telah membuat kita jatuh.

Pada intinya kesabaranlah yang kita butuhkan dalam menghadapi terjalnya tanjakan kehidupan dan curamnya turunan yang mungkin saja akan menghentikan langkah kita atau bahkan menjatuhkan kita dalam perjalanan kita.

Sebagaimana buah akan tampak indah dilihat dan enak dimakan ketika ia telah melewati tahap-tahapnya. Itulah hasil dari kesabaran dalam menjalani kehidupan, tidak selamanya mudah, tidak semuanya indah, namun ingatlah semua itu akan indah dan lebih baik pada waktunya.

By: heane

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s