Jujur saya mulai bosan dengan facebook. Di satu sisi memang saya banyak mendapat manfaat darinya, dari link-link bermanfaat yang teman-teman tautkan, dari catatan-catatan yang teman-teman tulis dan tentunya status-status motivasi dari teman-teman semua. Akan tetapi di sisi lain, facebook seperti candu, setelah sekali buka, inginnya terus dilihat dan di eksplorasi, akibatnya habislah waktu hanya buat ber facebook ria, apa yang di dapat?

Paling males dengan facebook ketika isi status teman-teman maupun catatan yang dibuat hanya berisi keluhan dan yang semisal dengan itu, risih rasanya, emang gak ada apa status yang lebih baik atau paling tidak dengan kata-kata yang tidak mengeluh.

Sampai-sampai pernah dan sering terbersit dalam pikiranku untuk menghapus permanen akunku itu, tapi selalu saja urung niat itu, entahlah, mungkin seperti kubilang tadi, facebook itu seperti candu, selalu bikin ketagihan, lagi dan lagi…

Kiranya tidak ada facebook dalam hidupku, mungkin akan lebih baik sepertinya, menjalani hari-hari seperti sebelum punya akun facebook. Dan aku melihat sampai saat ini teman-teman lamaku yang tidak punya facebook masih fun-fun saja, tidak masalah dan tidak merasa ketinggalan, justru aku yang merasa ketinggalan dalam belajar dibandingkan dengan temanku itu karena mungkin aku terlalu sibuk dengan facebookku.

Mungkin ulasan di atas adalah merupakan pendapat subyektifku saja, dan tidak semuanya seperti itu tentunya. So, manfaatkan waktumu dengan baik dan jangan sia-siakan waktumu hanya dengan mengeluh terlebih seperti di facebook yang tentunya bisa dibaca dan dilihat orang banyak, karena tidak mungkin kan kita akan bertahan dengan hanya satu dua teman saja di facebook?

Dan akhirnya aku memilih nge blog, karena dengan blog aku bisa banyak belajar dari teman-teman blogger lainnya. Alasan lainnya adalah aktivitas ngeblog telah lebih dulu menjadi rutinitas dalam berinternetku jauh sebelum aku mengenal facebook, bahkan adanya testi friendsterku saat itu hanya bertahan dengan lima teman tanpa pernah akun friendsterku itu aku isi apapun kecuali hanya untuk satu teman saja, hehe..

Alasan lain kenapa pilih blog daripada facebook adalah karena beberapa temanku akhirnya menjadi dekat karena blog dan bertatap muka (kopi darat) juga dengan jalan blog dan ternyata setelah dijalani teman blogger itu lebih terasa dekat daripada teman facebooker, entahlah kenapa, mungkin ada yang tahu?

Terakhir, aku hanya menyimpulkan dengan kesimpulan sendiri, bahwa facebook lebih cepat membuat bosan daripada blogging. Dan satu hal yang membuat lebih cepat bosan dengan facebook adalah status-status yang isinya hanya mengeluh. Meskipun di sisi lainnya lagi, banyak fans page yang banyak memotivasi dan grup-grup yang bagus dan bermanfaat, tapi entahlah rasa bosan kepada facebook itu tetap ada.

Salam blogger,
By: heane

Tinggalkan Balasan

