Sebagaimana pepatah juga, siapa menanam dia juga yang akan menuai. Telah kita lakukan dan akan kita terima pula akibatnya, jika baik maka akan menghasilkan kebaikan, dan jika tidak baik maka kita hanya berharap dan bersabar semoga kebaikan akan datang setelahnya, karena mungkin kita sedang diuji dan ujian itu mungkin berat bagi kita padahal ujian itu adalah sepadan dengan batas keimanan kita. Tidak akan melebihi batas kemampuan kita, percayalah.

Ada kalanya seseorang itu akan berada dalam kebahagiaan dalam pandangan kita, padahal belum tentu seperti itu keadaannya, mungkin ia memendam rasa, mungkin ia bisa bersabar dengan ujian yang dideritanya, dan mungkin ia telah ridha dengan apa-apa yang terjadi padanya, sehingga ketenangan senantiasa menyertainya. Alangkah indahnya jika kita bisa seperti itu keadaannya.

Dan ada kalanya seseorang itu akan senantiasa dalam penderitaan dalam pandangan kita, karena bisa jadi dalam kehidupannya ia kurang bersyukur dengan nikmat-nikmat-Nya, sehingga terus mengeluh dan jauh dari istilah ridha dengan apa-apa yang ada pada dirinya. Akhirnya hidupnya senantiasa menderita dan senantiasa penuh dengan iri dengki dengan orang-orang di sekitarnya yang ia pandang bahagia. Maka bersyukurlah atas setiap nikmat yang ada pada kita, sungguh jika kita mau menghitungnya, kita tidaklah mampu menghitung satu-persatu nikmat yang telah dianugerahkan kepada kita.

Sabar dan ikhlas juga merupakan salah satu kunci dalam meraih kebahagiaan dan jika dilakukan dengan penuh keridhaan semoga itu merupakan ibadah kepada-Nya, dan selain itu masih banyak kunci-kunci lainnya untuk meraih kebahagiaan.

by: heane

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s