Sehelai benang sepanjang apapun tidak akan ada manfaatnya ketika tidak bersama dan dirajut dengan benang-benang lainnya, demikian juga seseorang secerdas apapun tidak akan bermanfaat bagi orang di sekitarnya ketika ia tidak mau bekerjasama dan membagikan keahliannya kepada orang lainnya.

Terkadang orang yang dianggap bodoh ketika ia bersama dengan orang yang dianggap bodoh juga, sebenarnya bukan bodoh, hanya saja karena tidak diakui kemampuannya, ketika mereka bekerjasama akan saling melengkapi kekurangan mereka, karena mungkin salah satu tidak pandai dalam suatu bidang tapi dalam bidang lainnya ia sangat mahir, demikian pula sebaliknya teman satunya, demikian seterusnya sehingga terkumpul dan saling melengkapi beberapa kemampuan yang bisa menghasilkan karya yang luar biasa, dibandingkan dengan satu orang cerdas dan ahli dalam satu bidang saja akan tetapi sombong, maka tidak akan menghasilkan apapun kecuali kehinaan.

Itulah faidah dan manfaat ta’awun (kerjasama), saling melengkapi dan berusaha menyempurnakan. Sebagaimana juga pernikahan, tidak akan ada keturunan kecuali bersama antara seorang laki-laki dan seorang wanita dalam ikatan pernikahan, dengan izin Allah Ta’ala.

By: heane 30012012, 21:59.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s