ENGKAULAH SEBAIK-BAIK WANITA

Karena engkau adalah salah satu kaum yang dimuliakan

Tahukah engkau, bahwa kaum wanita adalah salah satu kaum yang dimuliakan, oleh sebab itu Allah Ta’ala mengabadikannya dalah satu surah khusus yang bernama an-nisaa’ (wanita).

Karena engkau adalah salah satu yang harus dijaga dan dilindungi

Dikatakan bahwa engkau adalah diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok, yang mana, ketika dipaksakan maka ia akan patah dan ketika dibiarkan maka ia akan tetap bengkok, maka dibutuhkan sikap yang lembut dalam membimbing dan mengarahkannya.

Karena engkau adalah makhluk lemah yang dikaruniai setengah akal

Namun bukan berarti wanita itu bodoh, terbukti banyak wanita-wanita hebat yang tertulis dalam sejarah, dimana ada Hajar yang kuat dan tegar, ada Khadijah yang kokoh dalam keimanannya, Ada Aisyah yang cerdas, dan banyak lagi.

Karena engkau mempunyai doa yang dikabulkan dengan izin-Nya

Tahukah bahwa doa ibu adalah salah satu doa yang sangat mujarab dengan izin Allah, maka berhati-hatilah saat engkau mendoakan anakmu, jangan pernah mengutuknya, dan doakan selalu kebaikan pada anakmu. Karena kita tidak tahu pada doa yang mana yang dikabulkan, karena ucapan seorang ibu adalah doa.

Karena engkau adalah sekolah bagi anak-anakmu

Ketahuilah engkau adalah seorang wanita yang kelak akan menjadi ibu bagi generasimu. Jika seorang pemuda tumbuh maka ia akan jadi rijal/pemimpin, tetapi jika seorang wanita tumbuh, maka ia akan menjadi pembentuk sebuah generasi, jika ia baik, maka akan baik generasi itu, demikian pula sebaliknya. Karena engkau adalah madrasah, yaitu tempat belajar dan sebagai sekolah untuk anak-anakmu.

Karena engkau adalah sebaik-baik wanita

Yaitu ketika engkau bangun niatmu karena Allah Ta’ala dan engkau menjadi wanita shalihah. Cintamu hanya karena Allah Ta’ala mencintainya dan bencimu adalah karena Allah Ta’ala membencinya. Engkau takut ketika engkau menyelisihi perintah-perintah-Nya dan engkau akan menyesal dan bertaubat telah melakukan kesalahan itu dan berjanji tidak akan mengulanginya. Maka, engkau adalah sebaik-baik wanita.

Wallahu a’lam bish shawwab.

By: heane

One response »

  1. artikel mengatakan:

    Terimakasih atas tulisannya yang sangat padat informasi.
    Kapan-kapan saya akan mampir lagi ke blog ini. Terus berkarya ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s