Ada sebuah cerita menarik, saya sampaikan dengan makna dan sedikit penyesuaian bahasa. Mengisahkan tentang seorang yang datang kepada arkeolog (peneliti benda kuno). Saya dapatkan dari sebuah status facebook seorang teman yang merupakan bagian dari untaian faidah dari seorang ulama berkaitan dengan bahasan ilmu yang bermanfaat.

Mari kita simak kisahnya,

Suatu saat ada seorang yang datang kepada arkeolog dengan membawa benda yang terlihat sudah usang dan kuno sekali. Kemudian ia menunjukkannya kepad arkeolog itu dan kemudian bertanya, “Berapakah umur benda ini?” Kemudian arkeolog tersebut melihatnya, memegangnya dan kemudian ia mengatakan bahwa benda ini telah berusia ratusan tahun. Tiba-tiba orang itu mengambil benda itu kembali dan kemudian memakannya, maka kemudian arkeolog itu berkata, “Jangan dimakan, nanti ada apa-apa dengan kamu” Orang itu kemudian berkata, “Kenapa? Ini adalah roti yang telah aku keraskan, dan aku jadi tidak yakin dengan profesimu, karena telah berbohong, cuma melihat saja kemudian mengatakan ini telah berusia sekian ratus tahun, dan seterusnya.”

Kisah di atas, tentunya bukan kisah nyata, disampaikan sebagai permisalan dalam bentuk anekdot (bercanda) dalam rangka memberikan faidah kepada kita tentang pentingnya ilmu yang bermanfaat yaitu yang berorientasi kepada akhirat, tidak seperti profesi arkeolog, apa manfaatnya meneliti benda/batuan kuno? Kalaupun ada manfaatnya hanyalah satu atau dua kejadian saja diperlukan adanya arkeolog selebihnya tidak. Bandingkan dengan pelajar ilmu syar’i sampai kepada ulamanya yang mereka ajarkan adalah ilmu yang akan terus bermanfaat bagi manusia, dan tentunya akan membawa kepada amal shalih yang akan terus mengalir walaupun ia sudah meninggal.

Jadi, apa cita-citamu?

By: Heane, 20122012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s