hanya sekedar renungan saja.

Ketika kita upload foto di facebook, maka foto itu secara permanen telah tersimpan di server facebook. Walaupun kita telah menghapus foto itu dengan cara kita, foto itu akan tetap ada di facebook dan dapat diakses oleh siapa saja, dengan syarat telah diketahui alamat URL-nya.

Contohnya seperti ini, saya posting foto infografik google ini di facebook ini, kemudian karena satu dan lain hal beberapa hari ke depan foto ini akan saya hapus dengan cara saya, yaitu saya pilih opsi delete/hapus untuk foto ini.


Apakah benar foto yang saya upload ini benar-benar telah terhapus dari facebook? ternyata tidak begitu teman.

Jadi mudahnya seperti ini,
Kita upload foto ke facebook, maka nanti setelah berhasil akan terdapat alamat image URL dari foto kita tersebut. Walaupun foto itu telah kita hapus manual, image URL itu ternyata masih bisa di akses siapapun, misalnya sebelum kita hapus image URL foto tersebut telah dishare di forum atau blog seseorang, setelah kita hapus manual, foto tersebut tidak akan muncul di facebook, tetapi di blog/forum yang nge-share foto tersebut, foto masih bisa terlihat.

Bayangkan, jika foto itu adalah foto pribadi yang sangat privasi, kemudian seenaknya saja upload ke facebook ini, kemudian seseorang meng-copy image URL nya dan menge-share di tempat lain dengan alamat itu. di Facebook kita hapus, tetapi di tempat lain masih bisa dilihat.

Solusinya?

Kalau mau hapus foto sebaiknya pilih opsi melaporkan foto yang telah kita upload, biarlah facebook yang akan menghapusnya, kalau beruntung, dengan cara ini foto akan terhapus permanen, kalau facebook gak mau menghapusnya, maka kita belum beruntung 

Makanya, sebelum posting apapun di manapun tempatnya, baca TOS yang diberlakukan di tempat itu, peraturan itu untuk ditaati bukan untuk dilanggar, benarkan??

======

Untuk lebih lengkap tentang gambar di atas, silakan mampir ke thread ini >> [Infografik] Sejumlah Fakta Tentang Google Search

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s