Sejatinya sabar itu adalah tidak terbatas, kalaupun ada yang membatasi itu adalah karena ketidaksabaran yang ada. Dan sejatinya ketidaksabaran itupun juga tidak ada, karena ketidaksabaran itu adalah sebuah keadaan dari beberapa sebab.

Ketidaksadaran adalah sebuah akibat dari sebuah sebab, di antaranya:

  1. Rasa yang terburu-buru
  2. Nafsu sesaat terhadap sesuatu

Yang pada intinya kedua sebab di atas pun adalah sama.

Lalu apa solusi ketidaksabaran yang ada?

Apakah dengan marah?

Tentu saja tidak, karena kemarahan bukanlah jalan keluar yang baik. Kemarahan yang timbul karena ketidaksabaran justru akan menambah masalah baru yang merupakan efek lain dari kemarahan.

Apakah akibat ketidaksabaran?

Seperti orang bilang, ada sebab ada akibat demikian juga dengan ketidaksabaran itu sendiri. Dengan sebab ketidaksabaran maka akan timbul beberapa akibat yang tentu saja itu bukanlah akibat yang diharapkan berupa sebuah kebaikan.

Di antara akibat ketidaksabaran

  1. Khianat

Jika ketidaksabaran didahulukan, mungkin akan muncul sebuah khianat (pengkhianatan), dimana itu adalah sebuah pelampiasan dari sikap yang selama ini disembunyikan dan pada akhirnya akan terungkapkan berupa sebuah tindakan atau perbuatan mengingkari keadaan yang sebenarnya.

  1. Dendam

Tidak dipungkiri, dendam itu akan selalu ada dikala ketidaksabaran itu dilawan.

Alangkah indahnya ketika hidup dalam kesabaran. Menerima, menjalani  apa adanya tanpa rasa terburu-buru dan nafsu sesaat.

Alangkah indahnya ketika kesabaran itu menjadi tabiat seseorang. Alangkah indahnya ketika kesabaran adalah prinsip abadi seseorang.

Sabar memang tidak terbatas, kalaupun ada yang bilang sabar itu terbatas berarti rasa sabarnya telah tertutupi oleh ketidaksabaran yang ada setelahnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s