Cerita nih waktu dulu belum jaman smartphone atau gadget, nonton tivi pun dibatasi jadi maennya di luar rumah dari main layang-layang, maen ke hutan jari cari kalajengking, maen ke sungai cari kepiting, udang atau ikan, kadang juga maen ke persawahan cari pohon pisang untuk cari kelelawar yang lagi tidur di sana.

Ngomongin tentang kelelawar nih, karena kelelawar ini makhluk yang aktivitasnya di malam hari, maka di siang hari mereka tidur.

Oya, kelelawar yang saya ceritakan di sini adalah kelelawar kecil yang di beberapa daerah di sebut kampret. Pemakan buah-buahan yang matang di pohon.

Aku dulu suka nangkep kelelawar yang ngumpet di daun pisang itu kemudian aku bawa pulang tapi gak tau ngasih makannya gimana dan dipiara dimana akhirnya aku lepas kampret itu di dalam rumah dan aku liatin dia terbang kesana kemari gak bisa keluar.

Kadang juga dipamerin ke teman-teman kampret itu dan dilebarin sayapnya di pasang di dada jadi kayak batman gitu hahaha…

Cuma namanya anak-anak gak mungkin seharian cuma liatin tuh kampret terbang kesana kemari, ada ajakan teman maen yang lain juga langsung ikut maen. Pas di lain waktu entah kemana kampret itu udah ilang pergi.

Kampret atau kelelawar kecil ini beda dengan kalong ya

Kalong di pohon

Kalong di gua

Kalau kalong kan tinggalnya di gua atau di pohon tinggi menggantung dan ukuran badannya agak besar. Kalau kelelawar yang aku maksud ini ukuran tubuhnya kecil dan tidurnya di pucuk daun pisang.

Ada sedikit cerita nih tentang kampret ini, barangkali ada yang belum tau, yang udah tau boleh juga kalau mau berbagi cerita juga šŸ˜€

Jadi kampret ini makanannya buah yang matang di pohon. Biasanya pisang atau buah lain seperti jambu dan lainnya walaupun belum pernah lihat langsung saat kampret ini lagi makan.

Kelelawar kampret sedang makan jambu

Biasanya nih setelah pisang dimakan ditinggal pisang sisa gigitannya di pohon, lalu datanglah nyamuk mendatangi sisa pisang itu karena baunya, datang juga katak pohon (di sini disebut codot) memakan nyamuk-nyamuk itu.

codot

Paginya pak tani datang di sawahnya dan liat pisangnya lobang dimakan binatang, tampak ada codot di situ, kemudian pak tani ngasih tau ke orang-orang pisangnya dimakan codot.

Kelelawar kampret aman deh dari tuduhan padahal tersangkanya si kampretĀ dan codot yang jadi tertuduhnya.

Andaikan codot bisa ngomong mungkin dia akan bilang “duh kampret kamu yang makan aku yang dituduh, makan pisang sembunyi badan”

by: heane, 14042017 menjelang shalat jumat

Ditunggu Komen dan Share nya

