Pagi tadi tanpa sengaja, buka-buka file di laptop dan ketemu satu folder berjudul “Kumpulan Video” satu persatu aku buka video-video yang ada, kebanyakan tentang materi umum dan juga materi nasehat islami.

Sampai akhirnya, ketemu pada satu video ini

Aku kasih sinopsis sedikit ya, barangkali ada yang tidak sanggup buffer padahal gak sampai 4 menit sih…

Jadi ceritanya, ada anak berangkat sekolah berlari karena sudah terlambat sampai sekolah dan benar saja sampai di kelas pelajaran sudah dimulai, dan anak itu dihukum oleh gurunya dengan pukulan di tangannya, dan anak itupun duduk di tempatnya sambil menangis.

Di waktu yang lain, terlihat pula anak lain di sekolah lainnya, waktu bel pulang berbunyi, buru-buru ia pulang berlari, sampai tempat tinggalnya, ia segera buka bajunya untuk segera dipakai saudaranya yang sudah terlambat waktu masuk sekolah, sehingga saudaranya ini sampai sekolah terlambat dan lagi-lagi dihukum pukulan di tangan oleh gurunya.

Di hari yang lain lagi, guru yang akan berangkat ke sekolah melihat anak berlari dan masuk ke tempat tinggal anak itu dan terlihat karena pintu tidak tertutup di mana anak itu melepas baju dan berganti dipakai oleh saudaranya. Sang guru hanya diam, dan kemudian melanjutkan perjalanannya ke sekolah. Anak tadi yang baru berganti baju dengan saudaranya segera berangkat ke sekolah dengan berlari. Sampai di pintu kelas gurunya sudah mulai pelajaran dan anak itupun sudah menyiapkan tangannya untuk dipukul sebagai hukuman keterlambatannya.

Guru itu melihat anak itu, berjalan ke anak itu dan bersimpuh memeluk anak itu sambil menangis. Guru itu sadar, ia telah berulangkali memukul anak itu sebagai hukuman keterlambatannya masuk kelas tanpa ia meminta alasan dan memberi alasan.

Ternyata, anak itu, muridnya di sekolah yang tiap hari gurunya memukul tangannya sebagai hukuman keterlambatannya itu terdapat satu alasan yang guru itu tidak pernah menanyakannya. Anak itu dari kalangan keluarga tidak mampu, bahkan untuk membeli dua seragam untuk dua anak itu saja tidak mampu sehingga harus bergantian memakainya untuk dipakai ke sekolah.

Pesan moral untuk kita adalah, bahwa kita lebih beruntung dalam bersekolah, seragam antara kita dengan saudara kita di rumah punya masing-masing, buku punya masing-masing, bahkan kita ada yang dibekali hp tiap anak. Sedang anak-anak di video itu, jangankan hp, untuk baju seragam saja mereka harus bergantian memakainya.

Dan akhirnya kita sekarang akan tahu kenapa kita harus banyak bersyukur dengan apa yang ada.

by: heane, jumat barokah insya Allah

Iklan

Ditunggu Komen dan Share nya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s